Tidore Kepulauan adalah sebuah nama yang sarat sejarah di Indonesia. Kesultanan Tidore sering kita dengar dari buku sejarah sekolah. Peran besar yang diberikan untuk negara sudah tercatat dengan tinta emas. Tidore Kepulauan hingga saat ini masih memiliki berbagai jenis wisata sejarah seperti ini. Misalnya saja Benteng Tahulla, Torre dan juga Keraton kesultanan.

jasa pembuatan website di Tidore Kepulauan

Sumber Gambar : idntimes.com

Saat dahulu, Kesultanan Tidore berhasil menguasai daerah Irian Barat. Kesultanan ini pada saat kemerdekaan memutuskan untuk manjadi bagian dari Negara Indonesia.

Kini, sejarah ini telah berlalu. Tetapi masih banyak peninggalan fisik yang menjadi tujuan wisata bagi wisatawan. Tentu saja, selain wisata bahari di Tidore Kepulauan yang juga indah dan berkelas dunia.

Desa Gurabunga. Letaknya di Desa Marijang atau dikenal juga sebagai Kie Matubu. Saat menuju kesana, jalanan dipenuhi pohon pala dan cengkeh. Letak daerah ini sekitar 800 meter diatas muka laut. Udara disini tentu saja sejuk ditambah lagi, panorama sekitar yang masih terjaga dan asri.

Untuk mencapai tempat ini, perlu waktu sekitar 30 menit dari Kota Tidore. Jalan keatas menanjak dan berliku. Tetapi, memang kondisi di desa ini sangat indah. Bahkan, bau tanah yang segar seperti saat hujan bisa kita cium. Belum lagi, tentu pemandangan indah dan udara yang sejuk.

Pulau Failonga. Adalah pulau dengan air laut yang jernih. Saking jernihnya, pantulan awan di laut terlihat begitu nyata. Seolah, awan itu muncul dari laut. Disini adalah pulau tak berpenghuni. Ini adalah tempat dengan kualitas wisata bahari kelas dunia. Dan, kita juga perlu kapal cepat untuk menuju kemari dalam 10 menit dari pelabuhan Goto Tidore.