Jasa Pembuatan Website di Pulang Pisau Kalimantan Tengah

Jasa pembuatan website di Pulang Pisau. Kabupaten Pulang Pisau merupakan Kabupaten indah dengan beragam tempat wisata yang keren. Kita bisa menemukan wisata alam hingga wisata budaya Dayak.

jasa pembuatan website di Pulang Pisau

Rumah Betang Buntoi – Sumber : tripadvisor.com

Kabupaten ini juga dekat dengan kota di Palangkaraya di sebelah barat. Artinya, peluang menarik wisatawan dari Palangkaraya sangat besar. Untuk batas selatan, batasnya adalah Laut Jawa. Artinya, ada potensi wisata alam mulai dari hutan, rawa – rawa hingga pantai yang panjang.

Rumah Betang Buntoi. Terkenal juga dengan nama Rumah Betang atau Huma Betang. Rumah ini adalah rumah khas di budaya Dayak di Kalteng. Rumah yang kita sebutkan ini, merupakan rumah khas yang masih dilestarikan hingga kini. Rumah ini sendiri didirikan pada tahun 1870.

Didalam rumah, ada tempat makam dari pemilik rumah. Makam ini dikenal sebagai Sandung yang berupa tempat penyimpanan tulang orang yang sudah meninggal.

Selain itu, di dalam rumah ini ada berbagai peninggalan Suku Dayak. Misalnya Guci Balanga, Lunju Rabayang dan juga Gong. Disini juga, kita bisa ditemani oleh pemandu setempat untuk belajar kebudayaan Dayak.

Taman Nasional Sebangau. Taman nasional ini ada di 3 wilayah. Yaitu di Palangkaraya, Kabupaten Katingan dan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau. Wilayah seluas 500 ribu hektar lebih ini terdapat lahan gambut, hutan dan tentunya berbagai sungai. Salah satu yang terkenal adalah Sungai Koran. Sungai ini warna dasarnya hitam karena merupakan rawa gambut.

Taman nasional ini juga sangat kaya aneka flora dan fauna. Ada 808 jenis tumbuhan, 182 species burung, 54 species ular dan 15 species mamalia yang ada disini. Satwa yang terkenal, adalah beruang madu, bekantan dan orangutan. Tetapi, mereka memang tidak bisa selalu terlihat setiap hari.

Pantai Cemantan merupakan 1 pantai di Kabupaten ini. Hanya 1 tetapi garis pantainya panjang hingga 2,5 KM. Letaknya ada sekitar 50 KM. Tempat ini bisa dijangkau dengan speed boat selama 1 jam. 4 jam dengan kapal kelotok. Untuk perjalanan darat, waktunya sekitar 3 jam dari ibukota Kabupaten. Tetapi, memang jalannya masih kurang bagus.