Anda pasti pernah mendengar pulau indah Pulau Banda / Banda Naira. Ini pulau yang terkenal sejak jaman Belanda sebagai pusat perdagangan rempah – rempah. Kini, pulau ini terkenal sebagai tujuan wisata yang sangat menjanjikan. Ada keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Ada sekitar 250 species biota laut hidup di perairan ini. Ada mamalia besar seperti lumba – lumba dan paus yang hidup disini.

jasa pembuatan website di Maluku Tengah

Pantai Ora – Sumber Gambar : Booking.com

Selain keindahan alam, ada juga tempat bersejarah disini. Yaitu benteng Belgica. Ini adalah benteng yang gagah dan dibangun pada masa – masa Portugis datang kemari. Benteng berbentuk segi lima ini berpindah tangan ke Belanda. Saat itu, pala adalah rempah – rempah yang hanya dihasilkan dari pulau Banda. Karena itulah, menjadikannya komoditi perdagangan yang sangat penting.

Untuk sampai ke benteng ini, kita bisa menggunakan kapal feri dari Ambon. Waktu tempuhnya memang semalaman penuh. Tetapi, sepadan dengan keindahan serta nilai sejarah disini.

Pantai Liang. Ini adalah pantai yang pernah menjadi pantai terindah. Setidaknya, hal ini diakui oleh UNDP – PBB pada tahun 1990 an yang lalu. Untukmenuju kemari, perlu waktu 1 jam dari pusat Kota Ambon. Untuk kemari, kita bisa menggunakan ojek atau menggunakan angkot jika berangkat bersama.

Pulau Seram. Pulau ini menyuguhkan keindahan tersendiri. Laut yang jernih, berbagai pantai dengan pasir putih. Dan, tentunya, rimbunnya pepohonan yang sejuk dan asri.

Salah satu yang terkenal di Pulau Seram adalah Pantai Ora. Pantai ini terkenal karena merupakan tempat diving / menyelam dan snorkeling yang terkenal. Untuk menuju ke Pantai Ora, perlumenggunakan kapal feri dari Ambon sekitar 2 jam perjalanan.