Kabupaten Kepulauan Sula adalah Kabupaten paling selatan di Provinsi Maluku Utara. Kabupatan ini awalnya merupakan bagian dari Kabupaten Halmahera Barat. Untuk menuju kemari, Anda bisa menggunakan penerbangan atau pelayaran laut dari Kota Ternate. Dari ibukota provinsi Maluku Utara ini, kita akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 284 KM.

jasa pembuatan website di Kabupaten Kepulauan Sula

Pantai Wai Ipa – Sumber Gambar: industry.co.id

Kabupaten ini memiliki 2 pulau besar serta 17 pulau sedang dan kecil. Pulau – pulau ini dibagi menjadi 6 kecamatan definitif serta 13 kecamatan pemekaran. Total wilayah terdiri dari 124 desa.

Agak unik dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Kabupaten Kepulauan Sula memiliki musim penghujan ditengah tahun. Ya, saat di wilayah Indonesia lain sedang mengalami puncak musim kemarau. Bulan terbasah adalah bulan Mei. Curah hujan di daerah ini sekitar 1500 sd 1900 mm per tahun. Untuk jumlah hari hujan, mencapai sekitar 120 hari dalam 1 tahun.

Kabupaten Kepulauan Sula adalah daerah agraris. Mata pencaharian utama disini adalah sektor perkebunan. Tanaman utama berupa kelapa, pala, kakao dan cengkih. Selain itu, ada juga tanaman ladang seperti ubi kayu dan ubi jalar yang produksinya terhitung besar.

Selain perkebunan, Sula juga memiliki potensi perikanan dan wisata yang besar. Meskipun, hingga kini masih terpendam. Bahkan, wilayah laut kabupaten Sula mencapai 60% dari total wilayah yang ada.

Untuk potensi perikanan saja, kini yang dimanfatkan baru mencapai  sekitar 11 ribu ton setahun. Jumlah ini setara dengan 22,8 persen potensi lestari.